hijab
 Curhat ! Menteri RI Mengaku pada Media Asing, Jengkel dan Sebut Jokowi Penuh Paradoks

Curhat ! Menteri RI Mengaku pada Media Asing, Jengkel dan Sebut Jokowi Penuh Paradoks

13 Jan 2021
469x
Ditulis oleh : Writer

Sebuah media asing mengungkapkan pernyataan yang mengejutkan terkait Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah pandemi Covid-19, dan pencarian korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak.

Dalam laporan, Nikkei Asia mencatat komentar para pejabat dan menteri-menteri Presiden Jokowi terhadap pemerintahan Indonesia saat ini. Salah seorang menteri mengaku jengkel dengan tingkah Presiden Jokowi.

Menteri tersebut bahkan menyebut Presiden Jokowi sebagai ‘orang yang penuh kontradiksi’. Pernyataan sang menteri ditulis dalam laporan Nikkei Asia soal mimpi-mimpi besar Presiden Jokowi. Hal yang paling disoroti adalah ambisi Presiden Jokowi membangun ibu kota baru di Kalimantan yang dimulai sejak tahun 2019.

Jokowi Tidak Suka Analisa

Keputusan Presiden Jokowi melanjutkan proyek ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur ini disebut-sebut membuat para menteri kelabakan. Mereka menggelengkan kepala dalam keputusasaan meski tidak terkejut dengan keputusan Presiden Jokowi.

“Jokowi tidak suka analisis; Dia senang dengan aksi dan keputusan,” ucap salah satu pejabat dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Nikkei Asia, Selasa (12/1/2021).

Pejabat itu menyebut Presiden Jokowi tak pernah membangun infrastruktur yang direncanakan secara terperinci hingga layak untuk mendorong perekonomian suatu daerah.

“Sebaliknya, dia hanya mendorong proyek berdasarkan wilayah-wilayah yang dikunjunginya,” kata pejabat tersebut menyinggung aksi blusukan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi yakin ibu kota negara yang dibangun dengan anggaran hingga Rp 466 triliun itu akan menjadi pendorong pemerataan pembangunan di Indonesia. Sayangnya, tak kelihatan dampak ekonomi pembangunan IKN. Bahkan, perekonomian Indonesia makin merosot gara-gara pandemi Covid-19.

Penulis laporan itu menyebut pembangunan IKN menampilkan sisi terbaik dan sisi terburuk dari Presiden Jokowi.

Di satu sisi, dia ambisius, fokus membangun infrastruktur yang dibutuhkan dan sangat mudah menarik hati para investor asing.

Di sisi lain, Jokowi impulsif, tidak sabaran dengan para pakar dan cenderung mengutamakan peluncuran ide proyek yang menarik di media ketimbang mendorong reformasi.

Laporan yang diunggah pada Rabu 16 September 2020 lalu itu juga menyebut ada seorang menteri yang jengkel pada Presiden Jokowi.

Karena lokasi yang dipilih Presiden Jokowi untuk IKN cukup aneh lantaran jaraknya 1.300 kilometer dari Jakarta dan dipisahkan oleh laut. Padahal melihat negara-negara lain pindah ibu kota maka akan mencari lokasi baru yang paling dekat dengan lokasi ibu kota yang lama.

Kepemimpinan Jokowi bukan cuma kisah tentang paradoks pribadi. Dia berjuang di tengah kontradiksi yang mendasar dari Bangsa Indonesia yang luas dan beragam, yang ditempa secara terburu-buru 75 tahun lalu sesuai batas wilayah koloni Belanda yang sewenang-wenang.

Jokowi terjebak di antara demokrasi dan otoriterisme, Islam dan pluralisme, keterbukaan pasar dan proteksionisme.

Artikel Terkait
Baca Juga:
Keuntungan Menggunakan Backlink Berkualitas Untuk Website Yang Anda Kelola

Keuntungan Menggunakan Backlink Berkualitas Untuk Website Yang Anda Kelola

Tips      

16 Okt 2019 | 491


Keuntungan Menggunakan Backlink Berkualitas Untuk Website Yang Anda Kelola - Backlink memang sengaja dibuat untuk meningkatkan authority dari sebuah website serta untuk memberikan ...

Ini Dia! Ciri Seseorang Disebut Dewasa

Ini Dia! Ciri Seseorang Disebut Dewasa

Curhat      

17 Feb 2020 | 545


pingingaul.com - Berkembang dipandang sebagai bentuk pendewasaan seorang manusia dalam hidupnya. Seperti adanya mimpi basah bagi lak-laki atau menstruasi bagi perempuan. Tapi di luar ...

Biji Apel tidak Ikut Anda Konsumsi? Sudah Tepat, ini Alasannya

Biji Apel tidak Ikut Anda Konsumsi? Sudah Tepat, ini Alasannya

Fakta      

5 Maret 2020 | 696


pingingaul.com - Tidak sedikit orang yang memilih untuk tidak memakan biji apel saat mengkonsumsi buah ini. Sisi lain, hal itu dianggap sebagai suatu kebiasaan, tanpa sebenarnya tahu ...

Hiks, Gegara Corona, Tradisi Papajar di Cianjur ditiadakan

Hiks, Gegara Corona, Tradisi Papajar di Cianjur ditiadakan

Unik      

25 Apr 2020 | 632


Menjelang Ramadan, masyarakat Cianjur biasanya menjalankan tradisi budaya yang terbilang unik. Tradisi budaya ini dikenal dengan istilah papajar dan sudah berjalan sejak ...

Ternyata, ini 5 Fakta Singkong, Bermanfaat tapi bisa Jadi Racun

Ternyata, ini 5 Fakta Singkong, Bermanfaat tapi bisa Jadi Racun

Fakta      

9 Apr 2020 | 445


Fakta Singkong Rebus - Ada yang tidak pernah mencoba singkong rebus? Orang Indonesia, siapa yang tidak mengetahui makanan ini. Sejak dahulu, Singkong rebus sudah menjadi salah satu ...

Jangan Salah! Ini Sisi Positif dari 5 Karakter Tokoh Kartun Spongebob

Jangan Salah! Ini Sisi Positif dari 5 Karakter Tokoh Kartun Spongebob

Inspirasi      

11 Feb 2020 | 2033


pingingaul.com -  Siapa yang tak mengenal serial kartun yang satu ini? kelucuan para tokoh dan karakter yang dimilikinya membuat penonton seakan tidak ingin kehilangan setiap ...

Copyright © PinginGaul.com 2024 - All rights reserved
Scroll Top